Seminar Nasional BIG DATA - UKMF ITC

Seminar nasional BIG DATA yang telah diselenggarakan oleh UKMF ITC pada hari Kamis tanggal 04 April 2013 berjalan dengan lancar meskipun persiapan acara yang bisa dibilang kurang matang. Pada rapat-rapat persiapan sebelum acara dimulai banyak ditemukan kendala seperti kurangnya bantuan sponsor sehingga dana menjadi minus dari yang dianggarkan, dan juga dari beberapa panitia yang kurang aktif dikarenakan alasan tertentu membuat susunan kepanitian terombang-ambing, selain itu konsep acara pun masih mengambang. Semua masalah tersebut tidak membuat para panitia Seminar Nasional BIG DATA lantas mundur dan menyerah, akan tetapi masalah-masalah itu justru menguatkan tekad mereka untuk mensukseskan acara yang berskala nasional tersebut.
Dengan bimbingan dari pengurus harian ITC dan DPO, akhirnya sedikit demi sedikit masalah teratasi. Pada saat pendaftaran ditutup jumlah peserta sebanyak 136 orang dengan rincian 96 peserta mendaftar langsung di stand yang telah disediakan, 5 peserta dari undangan delegasi, dan 35 peserta dari pendaftaran online. Jumlah tersebut benar-benar diluar dugaan panitia yang awalnya estimasi jumlah peserta tidak sampai melebihi angka 100.
Rabu 03 April 2013, sekitar jam tujuh malam panitia mulai menata ruangan auditorium untuk persiapan seminar esok harinya. Mulai dari menata tempat duduk peserta, undangan, dan pemateri, mengatur sound system beserta LCD, dan memasang banner indoor, serta mematangkan konsep untuk acara seminar.

Kamis 04 April 2013, sebagian panitia sudah stand by sekitar jam enam pagi untuk mempersiapkan beberapa hal yang belum disiapkan untuk menyambut kedatangan peserta seminar nasional BIG DATA. Pada pukul 08.30 sebagian peserta sudah datang. Pada menit-menit selanjutnya peserta lainnya mulai berdatangan, ada yang langsung menandatangani absensi peserta, ada juga yang masih dalam proses melunasi biaya seminar, sebelum masuk ruangan peserta diberikan konsumsi satu kotak roti dan permen serta segelas minuman ringan.
Pada pukul 09.20 pembawa acara mulai beraksi, acara diawali dengan berbagai sambutan, mulai dari ketua pelaksana (Rahmat Hidayat), ketua umum ITC 2013 (Andi Hartono), gubernur BEM FT (Khoirun Nurul Anam) dan Pembantu Dekan III Fakultas Teknik (Bpk Rachmat Hidayat) sekaligus membuka acara seminar pada hari itu. Setelah penyampaian sambutan selesai, seorang dirigen yang telah ditunjuk maju kedepan untuk memandu para peserta seminar nasional BIG DATA menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara serempak. Setelah itu MC formal (...) memohon diri dan sesi selanjutnya akan dibawakan oleh MC non formal (Faris & Ria).
Pada pukul 09.45 sesi pertama seminar dimulai, pemateri pertama dari salah satu dosen Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya yaitu Mochammad Hariadi dengan moderator Agung Firdausi. Pak Hariadi membawakan materi BIG DATA gayanya yang kerap kali membuat peserta tersenyum namun beberapa kali pemateri memberikan tekanan-tekanan tertentu pada beberapa point yang terasa asing menurut peserta sehingga peserta sedikit terbantu dalam memahami point dari materi tersebut, memang materi BIG DATA masih tergolong baru dan masih hangat serta masih sedikit yang memahaminya. Satu setengah jam materi pertama berjalan dengan lancar, melihat banyaknya peserta yang antusias dalam bertanya menunjukkan bahwa BIG DATA benar-benar sesuatu yang perlu untuk dipelajari lebih dalam.
Setelah materi pertama usai, MC non formal pun langsung mengajak peserta untuk refreshing sebentar dengan membagikan Doorprize kepada mereka yang beruntung yang mampu menjawab kuis yang diberikan kepada mereka. Meriah sekali pada saat itu.
Pada pukul 11.15 materi sesi kedua pun dimulai. Pemateri didatangkan langsung dari Jakarta, Harimurti Prasetyo, CTO NoLimit Indonesia, NoLimit Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ..., dengan moderator Luqman Harris Maulana. Sepertinya untuk materi sesi kedua ini banyak peserta yang kurang semangat entah itu disebabkan oleh hari yang semakin siang atau mungkin suara dari pemateri kedua yang kurang terdengar jelas sehingga terasa membosankan. Beberapa peserta meninggalkan acara dengan alasan terbentur kuliah. Materi sesi kedua usai pada pukul 12.30 dan dilanjutkan dengan pembagian doorprize yang dipandu oleh MC non formal.

Setelah seminar ditutup oleh MC, peserta pun keluar dari ruangan untuk mendapatkan sertifikat yang sudah siap dibagikan panitia di stand luar. Beberapa panitia terlihat kewalahan namun mereka tetap ramah dalam melayani peserta yang berjubel-jubel mengantri untuk mendapatkan sertifikat peserta yang sudah disediakan.

Akhirnya seminar nasional BIG DATA benar-benar telah usai, panitia pun memberaskan ruangan auditorium dan memang terbukti tidak ada perjuangan yang sia-sia.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment