Berbekal Kegigihan Mahasiswa Madura Bertarung Ke Russia di Final Imagine Cup 2013

Tim Solite Studio (Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura)

Kompetisi teknologi besutan Microsoft, Imagine Cup, akan memasuki babak final di St. Petersburg, Rusia pada bulan Juli mendatang. Indonesia pun mengirimkan juara lokal yang merupakan mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura.

Adalah tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo Madura yang mewakili Indonesia pada kompetisi Games di Final Imagine Cup tingkat dunia 2013.

Tim tersebut menciptakan game bernama Save The Hamsters pada platform Windows Phone yang menceritakan tentang empat ekor hamster yang tersesat. Tugas pemain adalah membantu mereka untuk pulang ke rumahnya.

Ada dua buah game mode yaitu original dan adventure. Pada mode original, pemain harus menghancurkan boks, tali dan beberapa objek lainnya yang menghalangi hamster menuju rumahnya.

Selain itu, setiap hamster memiliki angka pada tubuhnya dan pemain harus menempatkan hamster pada tempatnya sesuai dengan simbol matematika yang ada di tanah. Pada mode adventure, pemain harus menghindari musuh dan mengambil kunci berisi angka yang tepat sesuai dengan kombinasi angka yang terdapat pada layar.

Hal unik dari Save The Hamsters ini adalah pemain dapat menyusun boks, tali, hamster dan objek-objek lainnya kemudian menjalankannya serta menyimpannya menjadi sebuah level baru.

"Save the Hamsters merupakan game edukasi yang menarik dan terdapat unsur matematika di dalamnya, ke depannya kami ingin game ini dapat berfungsi secara penuh dan dapat diaplikasikan pada jutaan smartphone," ungkap Asadullohil Ghalib Kubat, salah satu anggota dari tim Solite Studio.

86 Tim Pelajar Jago TI

Microsoft mengumumkan 86 tim yang akan berangkat ke St. Petersburg, Rusia pada bulan Juli untuk berkompetisi di ajang Final Imagine Cup tingkat dunia ke-11 dan memperebutkan hadiah uang tunai sebesar USD 1 juta dan penghargaan lainnya.

Setiap tim disebutkan memiliki ide inovatif, ahli dalam teknologi yang terintegrasi, dan pengembangan perencanaan bisnis yang kuat.

Imagine Cup merupakan bagian dari inisiatif Microsoft Youthspark untuk menciptakan kesempatan bagi jutaan anak muda di seluruh dunia. Jumlah pelajar yang berkompetisi di Imagine Cup tahun ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya, dengan peningkatan lebih dari 70%.

"Lebih dari satu dekade, Imagine Cup telah melatih kewirausahaan kepada pelajar dan memberikan mereka sarana untuk membawa kreativitas mereka ke dalam kehidupan melalui apps, software platform dan media sosial," ujar Steve Guggenheimer, Corporate Vice President dan Chief Evangelist Microsoft.

"Berpartisipasi dalam sebuah inisiatif seperti Imagine Cup, DreamSpark, and BizSpark memberikan pelajar kemampuan untuk transisi dari ruang kelas ke dunia profesional seperti pemilik bisnis, programmer, game designer dan pengusaha," pungkasnya.

Tak Lepas juga kutipan dari mentor solite studio  adalah seorang Developer Nokia yang cukup Familiar namanya yakni Narenda Wicaksono dalam sebuah tulisannya yang berjudul sebuah kisah tentang kegigihan, berikut ungkapan dari beliau :

"Bila rekan-rekan sempat hadir dalam penjurian Imagine Cup yang terbuka untuk umum. Sangat jelas bahwa kualitas game yang dihadirkan oleh Solite Studio bukan lagi sekedar dalam kelas untuk sebuah kompetisi. Kualitas sebuah game yang bila dirilis ke market, menurut opini saya sudah bisa disetarakan dengan game kelas dunia yang lain.

Dan ternyata benar, mereka berhasil memenangkan Imagine Cup Indonesia 2013. Sesuatu yang sangat dramatis, karena saat tahun lalu mereka berniat untuk mendaftar, Universitas Trunojoyo bahkan tidak ada dalam drop down box web pendaftaran Imagine Cup! Semoga kali ini kita bisa beruntung di Rusia.
Saat mereka bertarung dalam berbagai kompetisi. Mereka selalu mendapat keuntungan. Keuntungan karena selalu dianggap underdog, bisa jadi karena berasal dari satu daerah yang kurang populer. Namun bukan hal itu yang membedakan dengan yang lain, ada satu hal yang disebut sebagai kegigihan"
(Penulis : Mentor Solite Studio Narenda Wicaksono)

Sumber Info :
- http://inet.detik.com/read/2013/05/30/173558/2260769/398/menuju-rusia-mahasiswa-madura-bertarung-dengan-jago-ti-dunia
- nice.or.id/narenda/2013/04/19/sebuah-kisah-tentang-kegigihan/

Penerbit : Humas Infokom BEM-FT UTM
Previous
Next Post »
Thanks for your comment