SEKILAS PESONA XIV FAKULTAS TEKNIK 2013


SEKILAS PESONA XIV FAKULTAS TEKNIK  2013


Selamat datang para technopreneur-technopreneur  muda  Fakultas Teknik ..:)

Fakultas Teknik UTM merupakan salah satu wadah menuntut ilmu tentang berbagai macam studi keteknikan yang mulai bersaing bahkan beranjak menjadi yang terbaik di kancah nasional bahkan internasional yang dibuktikan dengan prestasi demi prestasi seperti yang telah ditorehkan oleh “Team Solite Studio” yang telah meraih juara dua dalam "Imagine Cup Rusia 2013" yang di adakan oleh Perusahaan IT level dunia Microsoft di St. Pettersurg Russia. "Save The Hamster" Game yang dibuat oleh sekelompok developer muda ini yang beranggotakan Asadullohil Ghalib Kubat (Team Leader), Miftah Alfian Syah (Programmer), Tony Wijaya (Graphic Designer) dan Mukhammad Bagus Muslim (Game Designer) telah memberikan nilai positif bagi Kampus dan untuk yang pertama kalinya telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang kompetisi IT tingkat Dunia Imagine Cup 2013 Russia.

Prestasi Nasional lain juga diraih oleh Tim Robot SOKET Fakultas Teknik yang telah lolos tingkat regional dalam ajang Kontes Robot Indonesia dan berhak mengikuti kompetisi ditingkat Nasional yang digelar di Gor Jati Diri Semarang. "Sakera" karya Produk Tim Robot Fakultas Teknik , dengan kategori Robot Pemadam Api telah merasakan aroma kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional meskipun dalam kesempatan ini memiliki selisih nilai yang sangat kecil untuk masuk 10 Besar. 

Sebagai salam pembukaan rekan-rekan mahasiswa baru Fakultas Teknik akan disambut dengan PESONA. Yaitu acara tahunan yang memiliki kepanjangan “Pengenalan Studi dan Organisasi “di Fakultas Teknik UTM. PESONA memiliki tujuan untuk mengenalkan kehidupan kampus khususnya di Fakultas Teknik.

Pada kegiatan PESONA ini teman-teman mahasiswa baru akan dibantu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus yang sangat berbeda dengan lingkungan sewaktu teman-teman mahasiswa baru masih di bangku sekolah. Berbahagialah bagi peserta PESONA karena dalam kegiatan ini akan menjadi ajang untuk menempa mental, emosi, serta pengetahuan teman-teman sekalian. Disini kalian akan menemukan keluarga baru dalam hari-hari menjalani kehidupan kampus.

PESONA FT XIV akan dilaksanakan tanggal 19-22 Agustus 2013, untuk tanggal 19 merupakan penyambutan dan pembekalan, baru tanggal 20-22 akan dimulai kegiatan PESONA 2013. Tulisan ini hanyalah sekilas tentang PESONA FT XIV 2013 dan untuk info lebih detail akan di posting secara bertahap sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Sebagai pembuka, kami tampilkan profil Fakultas Teknik UTM tercinta di bawah ini. Selamat menikmati rumah baru kalian dan semoga bermanfaat..:)

A.        Sejarah Fakultas Teknik

     Universitas Trunojoyo merupakan kelanjutan dan atau perubahan dari Universitas Bangkalan Madura (UNIBANG) berstatus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kyai Lemah Dhuwur MKGR Bangkalan pada tahun 1981, mempunyai tiga fakultas yaitu Fakultas Hukum dengan Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen dan Fakultas Teknik dengan Jurusan Budidaya Teknik. Upaya mendirikan Unibang saat itu dilandasi untuk meningkatkan dan menampung Sumber Daya Manusia (SDM) secara khusus di Madura yang relatif rendah dan apabila melanjutkan kuliah selalu ke luar Madura. Oleh karena itu usaha-usaha kearah perbaikan baik soft ware maupun hard ware terus dilakukan. Puncaknya terjadi pada saat ditetapkannya penegrian yaitu perubahan status dari PTS (Unibang) menjadi Unijoyo (PTN).

      Proses perubahan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 85 Tahun 2001 tertanggal 5 Juli 2001, yang diresmikan oleh Menteri Sekretaris Negara RI pada tanggal 23 Juli 2001. Bersamaan dengan pengusulan penegerian, pada tahun akademik 2001/2002, Fakultas Teknik Unijoyo diresmikan dengan tiga program Studi Teknik Informatika, Teknik Industri dan Manajemen Informatika. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan dan mengantisipasi kebutuhan pasar sejalan dengan dibangunnya jembatan SURAMADU. Status Perguruan Tinggi Negeri yang baru bagi Unijoyo merupakan momentum untuk meningkatkan daya panggil bagi lulusan SMU di Pulau Madura khususnya dan di Jawa Timur pada umumnya. Sampai dengan tahun akademik 2008/2009, program studi yang telah mendapatkan ijin operasional di lingkungan Fakultas Teknik baru tiga jurusan/program studi, yang terdiri dari dua jurusan S-1 yaitu Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Teknik Informatika serta satu program studi D-3 Manajemen Informatika.

B.        Visi dan Misi
Visi :
Menjadi lembaga yang terpecaya dan berkwalitas dalam mengelola sumber daya alam dan manusia (SDM) Melalui penerapan IPTEK di bidang Teknik atau Perteknologian yang berkeseimbangan dan berkelanjutan .


Misi :
1.       Menyelenggarakan pendidikan dengan sistem pembelajaran ( belajar-mengajar ) yang mengikuti perkembangan IPTEKS untuk memenuhi tuntutan pengguna.
2.       Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang berdaya sumber disiplin ilmu kerekayasaan (engineer ) yang mempelajari perancangan ( desain ) penginstalasian dan perbaikan suatu sistem industri yang terdiri dari manusia ,peralatan /mesin ,metode,material,energi dan sistem informasi.
3.       Menjalin hubungan ( komunikasi ) dan kerjasama dalam bidang TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI NEGERI dengan berbagai lembaga ( lokal ,nasional dan regional) untuk mensinergiskan aktivitas yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknik dengan pengguna.

C.        Fasilitas
1.       Ruang Kuliah Mahasiswa  dengan fasilitas yang memenuhi syarat .
2.       Ruang Dosen dan Pimpinan Fakultas
3.       Ruang Tata Usaha ( Karyawan Fakultas )
4.       Ruang Laboraturium Fakultas ( Laboratorium Komputer , Lab Multimedia,Lab Informatika,Lab       Industri)
5.       Ruang BEM Fakultas Teknik  dan Fasilitas
6.       Ruang Rapat atau Ruang Pertemuan.

D.        Prodi
1.       Prodi Teknik Industri ( Sarjana (S1) )
2.       Prodi Teknik Informatika ( Sarjana (S1) )
3.      Prodi  Teknik Elektro  (S1)
4.       Prodi D3 Manajemen Informatika ( Diploma (D III) )
5.       Prodi D3 Metatronika( Diploma (D III) )
6.       Prodi D3 Teknik Multimedia dan Jaringan ( Diploma (D III) )


Previous
Next Post »
Thanks for your comment