Jelang Penutupan Engineering Festival IV, BEM-FT UTM Selenggarakan Lomba Debat dan Pidato

Kamal, Bangkalan - Menjelang berakhirnya masa Pengenalan Study dan Organisasi (PESONA) XVI serta Engineering Festival (E-Fest) IV dan Dies Natalis XVI Fakultas Teknik, BEM-FT UTM menyelenggarakan Lomba Debat dan Lomba Pidato yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru Fakultas Teknik sebagai serangkaian rentetan acara PESONA.

Lomba Debat
Babak Penyisihan Lomba Debat (29/11/2015), yang dilaksanakan di Gedung Ruang Kuliah Bersama (RKB) F diikuti oleh 19 (sembilan belas) tim yang kemudian terbagi menjadi tiga ruangan untuk memperebutkan tiket masuk ke semifinal. dari tiga ruangan terpilih 6 (enam) tim yang kemudian lolos ke babak semifinal yang akan dilaksanakan hari Senin, 30 November 2015 di Gedung Cakra. 6 tim tersebut adalah EWB dan Turbo C++ dari ruangan 1 dengan juri Ubay Nizar, tim Matlab dan MathCAD dari ruangan 2 denga juri Khairun Nurul Anam, S.Kom serta Autodesk Inventor dan PCB Wizard dari ruang 3 dengan juri Zainuddin Romadhon.

Babak Semifinal mempertemukan 4 (empat) tim dikarenakan 2 (dua) tim, yaitu Turboi C++ dan PCB Wizard yang tidak hadir ketika briefing sehingga didiskualifikasi. dari ruang 1 dengan juri Zainuddin Romadhon diperoleh tim yang lolos ke final adalah EWB sedangkan dari ruang 2 tim yang keluar sebagai pemenang untuk meunuju ke partai final adalah Matlab, juri di ruang 2 adalah Ach. Khozaimi, S.Kom., M.Kom.

Pertandingan Final dilaksanakan di Gedung Cakra pada Senin, 30 November 2015 mempertemukan tim EWB sebagai tim Pro dan Matlab sebagai tim Kontra, juri pertandingan kali ini adalah Ubay Nizar dan Zainuddin Romadhon dan tema yang diangkat pada babak final adalah terkait dengan pengaruh dan dampak teknologi terhadap generasi muda, setelah pada babak penyisihan dan babak semifinal lebih banyak berkutat pada tema menyambut MEA. Setelah perdebatan yang cukup panjang akhirnya juri memutuskan tim EWB yang keluar sebagai pemenang dengan total nilai 45 (22,5 Ubay dan 22,5 Zainuddin) sedangkan tim Matlab meraih nilai 43,5 (21,5 Ubay dan 22 Zainuddin).

Lomba Pidato
Lomba Pidato dilangsungkan pada hari Minggu 29 November 2015 di Halaman Gedung Fakultas Teknik Lama yang diikuti oleh 16 peserta yang secara bergilir berpidato dengan semangat dan lantang. Tema pada lomba pidato kali ini adalah peran pemuda saat ini, yang mana pada tema ini bermaksud untuk memberikan kebebasan berpikir dan sudut pandang bagi para peserta untuk menentukan peran pemuda dari segi mana, bisa dari segi kebangsaan, keagamaan, ekonomi, sosial-budaya, dan lain sebagainya.

Pada lomba pidato ini didapatkan 2 (dua) juara, yaitu Khoirul Anam sebagai juara 1 dengan total nilai 67 dan juara 2 kepada Erik dengan total nilai 66. Juri pada lomba ini adalah Achmad Fajar Norullah (Gubernur BEM-FT UTM), Zainuddin Romadhon (Wakil Gubernur BEM-FT UTM), dan Ubay Nizar A. (Sekretaris Jenderal BEM-FT UTM).

















Previous
Next Post »
Thanks for your comment