Huawei: Konektivitas Internet Indonesia Berada di Peringkat 41 Dunia

Huawei telah mengumumkan laporan Global Connectivity Index (GCI) acara Analyst Summit Global 2016 di Shenzhen, Cina, yang diadakan untuk ketiga kalinya. Laporan tersebut menyoroti berbagai perbaikan global di bidang konektivitas internet.

Huawei: Konektivitas Internet Indonesia Berada di Peringkat 41 Dunia

Hasil penelitian Global Connectivity Index (GCI) 2016 menyimpulkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan angka rata-rata konektivitas nasional yang meningkat dibandingkan tahun lalu.

Tahun ini Indonesia menempati peringkat 41, naik dua tingkat dari sebelumnya. Kenaikan ini dikarenakan Indonesia telah memiliki layanan broadband dari para operator telekomunikasi sehingga terjadi perkembangan di pusat data di dalam negeri.

Namun dibandingkan dengan dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, Indonesia jauh tertinggal. Singapura menduduki posisi kedua dan Malaysia yang berada di posisi 22. Posisi pertama dalam indeks ini adalah Amerika Serikat.

Lebih lanjut, menurut penelitian ini penggunaan mobile broadband mengalami pertumbuhan cukup tinggi berkat semakin bertambahnya jumlah perusahaan telekomunikasi. Selain memicu pemerintah agar menggalakkan penggunaan komputasi awan untuk usaha kecil dan menengah, perkembangan tersebut juga mentransformasi bisnis serta e-commerce.

Penelitian itu juga menyebutkan Indonesia memiliki posisi pertumbuhan pendapatan domestik bruto (PDB) yang kuat untuk beberapa tahun ke depan.

Sebagai tambahan informasi, GCI 2016, yang bertujuan untuk mewujudkan digitalisasi ekonomi di 50 negara, mengukur perkembangan investasi serta penyebaran teknologi dan informasi berdasarkan 40 indikator. Beberapa di antaranya meliputi ketersediaan, permintaan, pengalaman, dan potensi dari lima enabler teknologi, yaitu broadband, pusat data, cloud, big data, dan IoT.

Sumber : https://id.techinasia.com/peringkat-konektivitas-internet-indonesia-peringkat-41
Previous
Next Post »
Thanks for your comment